You are here: Home > Uncategorized > Survey Kegiatan Project Luar Kelas Character Building Kewarganegaraan

Survey Kegiatan Project Luar Kelas Character Building Kewarganegaraan

NIM Nama Jabatan
2001589131 Kevin Ketua
2001588053 Jakobus Enga Leyn Anggota
2001598161 Suci Ramadhanty Anggota

Dalam mata kuliah Character Building Kewarganegaraan ini, kami harus melakukakan project luar kelas yang sudah ditentukan kegiatannya oleh dosen kami dalam mata kuliah ini, dari banyaknya pilihan kelompok kami memilih untuk melakukan kegiatan sosial sekaligus kegiatan peduli lingkungan di kawasan ruang publik terbuka ramah anak, setelah kelompok kami melakukan rapat untuk menentukan RPTRA mana yang akan kami jadikan sebagai tempat project luar kelas kami.Salah satu anggota kelompok kami mengusulkan salah satu tempat yang dulunya adalah kawasan prostitusi yang kini sudah disulap menjadi kawasan ruang publik terbuka ramah anak, letaknya di Jl. Pangeran Tubagus Angke No.19, Tambora, Penjaringan, Kota Jakarta Barat, DKI Jakarta di sebelah sungai kalijodo.Setelah kelompok kami mendapatkan memutuskan tempat, ini waktunya kelompok kami untuk mencari sedikit informasi di internet tentang kawasan ruang publik terbuka ramah anak kalijodo.

Setelah kelompok kami menemukan sedikit informasi tentang ruang publik terbuka ramah anak Kalijodo seperti alamat dan nomer handphone pengurus RPTRA Kalijodo, pada hari Sabtu 25 Februari 2017 kelompok kami melukan survey ke RPTRA Kalijodo untuk mengajukan diri  sebagai volunter di tempat tersebut. Kelompok kami berkumpul di Binus untuk berangkat bersama menggunakan Grabcar ke RPTRA Kalijodo, perjalanan yang kami tempuh kira kira sekitar satu jam karena sedikit macet, uang yang kami keluarkan sebesar 35.000 sekali jalan ke tempat tersebut. Sekitar jam 11 siang kami tiba di RPTRA Kalijodo,ketika sampai disana kami berjalan jalan mengamati tempat tersebut sembari mencari tempat pengurus tempat tersebut.

Setelah kami mengitari tempat tersebut dan bertanya kepada ibu-ibu disana dimana tempat untuk bertemu dengan pengurus RPTRA Kalijodo, ternyata tempatnya ada diruang PKK, ditempat tersebut kami disambut oleh Ibu Nuryani selaku pengurus tempat tersebut. Setelah kami bertemu dengan ibu Nuryani kami langsung menjelaskan maksud dan tujuan kami datang ke RPTRA Kalijodo untuk menjadi volunter, begitupun dengan ibu Nuryani ia menjelaskan sedikit tentang RPTRA Kalijodo dan ia meminta kami untuk mengajar anak anak sekolah dasar yang tinggal di bawah kolong jembatan yang suka bermain di RPTRA Kalijodo. Setelah berdiskusi dan menyepakati tugas kami segra mengatur waktu dan hari untuk mengajar di RPTRA Kalijodo. Berdasarkan kesepakatan kami mengajar pada hari Ju’mat jam tiga sore selama tiga kali pertemuan dan di pertemuan terakhir pada hari Rabu kami berencana untuk melakukan kerjabakti bersih-bersih di lingkungan RPTRA Kalijodo.

Setelah kami merundingkan dan menyepakati tugas kami sebagai volunter di RPTRA Kalijodo, kami pun pamit kepada ibu Nuryani dan mengucapkan terimakasih karena sudah menerima dan percaya kepada  kami untuk mengajar di RPTRA Kalijodo. Sebelum kami pulang kami berkeliling untuk melihat fasilitas di tempat tersebut dan kami tidak lupa untuk mengabadikan momen tersebut

 

 

Kelas : LA67
Nama Dosen: Dr. Adie Erar Yusuf, S.Pd., M.Arts.
Hari tanggal : Sabtu 25 Februari 2017
Jam: 15:00-18:00
Lokasi: Jl. Pangeran Tubagus Angke No.19, Tambora, Penjaringan, Kota Jakarta Barat, DKI Jakarta
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

2 Responses to “Survey Kegiatan Project Luar Kelas Character Building Kewarganegaraan”

  1. Please tell me more about your excellent articles

  2. Thank you for writing this post. I like the subject too.

Leave a Reply