You are here: Home > Uncategorized > Menjadi Volunteer Tenaga Pengajar di RPTRA Kalijodo (Pertemuan Keempat)

Menjadi Volunteer Tenaga Pengajar di RPTRA Kalijodo (Pertemuan Keempat)

NIM Nama Jabatan
2001589131 Kevin Ketua
2001588053 Jakobus Enga Leyn Anggota
2001598161 Suci Ramadhanty Anggota

Pada pertemuan keempat Rabu 22 Maret 2017 kami berusaha untuk menggabungkan materi di hari pertama, kedua dan ketiga pertama-tama kami memberikan Pendidikan tentang Metamorfosis Kupu-kupu yang kami sajikan menggunakan Bahasa inggris. Pukul 15:00, pertama-tama kami mengajak anak-anak yang sedang bermain disekitar RPTRA Kali jodo untuk belajar bersama mengenai metamorfosis kupu-kupu, namun tak jarang saat menawarkan bimbingan belajar ini kami mendapatkan tolakkan. Setelah 20 menit, kami akhirnya mendapatkan beberapa anak yang ingin mendapatkan bimbingan belajar tersebut.

 

Kemudian kami memulai bimbingan dengan menjelaskan terlebih dahulu apa itu metamorfosis dan juga proses metamorfosis yang terjadi pada kupu-kupu. Setelah memberikan pemahaman mengenai metamorfosis, kami berusaha untuk mengajarkan dalam Bahasa inggris, dimaksudkan untuk menambah kosa kata mereka. Kemudian kami memberikan beberapa work sheet untuk melihat sejauh mana pemahaman mereka mengenai metamorfosis kupu-kupu.

  

Pada work sheet 1, siswa diminta untuk mengisi tempat yang kosong dengan sebutan tahap yang tepat dalam Bahasa inggris. sebagai contoh “kupu-kupu” adalah Butterfly dan seterusnya. Dan pada work sheet kedua ini, siswa diminta untuk menghubungkan gambar dengan nama tahapan yang tepat. Contoh fase “telur” ditarik garis, dihubungkan ke “egg” dan seterusnya. Siswa diminta untuk menyebutkan tahapan yang ditunjuk dalam Bahasa inggris. contoh: gambar yang ditunjuk adalah “telur” maka pada kolom kosong harus di isi “egg”.

Pada lembar work sheet 1, mereka mengerjakan dengan baik, walaupun ada beberapa kesalahan, kemudian membaik pada work sheet 2 dan 3. Setelah mengoreksi lembar work sheet, kami juga tidak lupa membahas kembali jawaban yang benar. Secara keseluruhan proses bimbingan ini berlangsung selama 100 menit. Proses bimbingan berlangsung dengan kondusif. Merekapun usai dengan materi metamorfosis kupu-kupu, kami lanjutkan dengan menjelaskan materi yang berhubungan dengan metamorfosis selain kupu-kupu seperti katak, nyamuk dan lainnya.Setelah belajar mengenai metamorfosis, kami melanjutkannya dengan mengenalkan bagian tubuh manusia, Pertama-tama kami mengenalkan organ tubuh dari kepala sampai kaki dengan bahasa inggris tentunya dengan gambar agar pehamanan lebih mudah diterima oleh mereka, sebelumnya kami sudah menyiapkan materi dari rumah.

 

Metode yang kami gunakan hampir sama dengan sebelumnya, setelah kami mengenalkan kepada mereka, tentang bagian tubuh kami meminta mereka untuk menghafalkan bahasa inggrisnya karena kami akan memberikan soal setelah mereka menghafalkannya karena ternyata masih banyak anak anak yang tidak tahu bahasa inggrisnya. Setelah mereka mengatakan sudah hafal, kami pun memberikan lembar kerja untuk mereka. Selesai dengan pembelajaran bahasa inggris kamipun mulai dengan pembelajaran PPKN tapi hanya sedikit saja itu juga kami buat dalam bentuk games, agar lebih menarik seperti menyusun kata kata yang hilang dalam pancasila, menghubungkan gambar dengan makna pancasila.

 

Tak lupa disetiap pertemuan selalu kita selingi dengan games salah satunya adalah games chiki chaka, dan anak anak sangat antusias dalam mengikuti games yang kami berikan :

Lirik :

Chiki chaka

We Are In The Train of Love

We Are In The Train of Love, Huuu..!

We Are In The Train of Love,

We Are In The Train of Love Fantasy,

We Are In The Train of Love.

When I say, chiki… and I say chaka..!

When I say, chiki..chiki..chiki..chiki..  chaka!!

When I say, chaka.. and I say chiki..!

When I say, chaka..chaka..chaka..chaka..  chiki!!

 

Cara bermain: pertama-tama kita meminta mereka membuat barisan seperti kereta berbaris lurus dengan saling memegang pundak, kemudian ketika mengatakan chaka melompat maju dan ketika mengatakan chiki maka melompat mundur.

Setelah usai dengan pembelajaran karena masih ada waktu sekitar 45 menit kami pun melakukan bersih-bersih di area RPTRA Kalijodo, mulai dari aula tempat kami belajar dan taman bermain anak-anak. Tak terasa waktu sudah sore dan ini adalah pertemuan terakhir kami di RPTRA Kalijodo, tak lupa sebelum kami pulang kami mengucapkan banyak terimkasih kepada pengurus RPTRA Kalijodo karena menerima kami sebagai volunteer disana banyak pengalaman berharga yang kami dapatkan dari tugas menjadi volunteer.

  

Kelas : LA67
Nama Dosen: Dr. Adie Erar Yusuf, S.Pd., M.Arts.
Hari tanggal : Jum’at 22 Maret 2017
Jam: 15:00-18:00
Lokasi: Jl. Pangeran Tubagus Angke No.19, Tambora, Penjaringan, Kota Jakarta Barat, DKI Jakarta
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

Leave a Reply