You are here: Home > Uncategorized > Menjadi Volunteer Tenaga Pengajar di RPTRA Kalijodo (Pertemuan Ketiga)

Menjadi Volunteer Tenaga Pengajar di RPTRA Kalijodo (Pertemuan Ketiga)

NIM Nama Jabatan
2001589131 Kevin Ketua
2001588053 Jakobus Enga Leyn Anggota
2001598161 Suci Ramadhanty Anggota

Pada hari Jum’at 17 Maret 2017 kami melakukan tugas kami sebagai volunteer di RPTRA Kalijodo tidak terasa ini adalah pertemuan ketiga kami, Seperti biasa kami berkumpul di Binus untuk berangkat bersama. Kami tiba disana pada pukul tiga sore, seperti biasa kami harus menunggu terlebih dahulu karena jika masih siang hari, anak-anak masih belum berdatangan ke RPTRA Kalijodo. Hari pun mulai sore RPTRA pun mulai penuh dengan anak-anak dan kami pun mencoba untuk menarik perhatian mereka untuk belajar bahasa inggris bersama kami. Kami mencoba untuk menghampiri anak-anak yang sedang membaca buku di ruang perpustakaan dan mengajak mereka untuk belajar bersama, dan ternyata mereka sangatlah antusias untuk belajar bersama dengan kami ada sekitar 10 anak yang ingin belajar bersama dengan kami.

 

Tak perlu menunggu lama, materi yang akan kami bawakan pada hari ini adalah mengenalkan tentang organ atau bagian tubuh manusia dalam bahasa inggris. Pertama-tama kami mengenalkan organ tubuh dari kepala sampai kaki dengan bahasa inggris tentunya dengan gambar agar pehamanan lebih mudah diterima oleh mereka, sebelumnya kami sudah menyiapkan materi dari rumah.

 

Setelah kami mengenalkan kepada mereka, tentang bagian tubuh kami meminta mereka untuk menghafalkan bahasa inggrisnya karena kami akan memberikan soal setelah mereka menghafalkannya karena ternyata masih banyak anak anak yang tidak tahu bahasa inggrisnya. Setelah mereka mengatakan sudah hafal, kami pun memberikan lembar kerja untuk mereka kerjakan seperti gambar berikut :

           

Dan mereka pun mulai mengerjakannya dengan serius kami bertiga mendampingi mereka satu-satu dari mereka menyambungkan tulisan dengan gambar, dan punulisan dalam bahasa inggris. Ternyata beberapa dari mereka masih mengalami kesulitan dengan alasan lupa bahasa inggrisnya, kami pun harus memberitahukannya lagi kepada mereka, dan membimbing mereka dalam penulisannya, karena masih banyak yang masih salah dalam penulisannya.

 

Setelah mereka memperbaikinya, mereka berlomba untuk mengumpulkannya kepada kami, dan bertanya apakah masih ada soal lagi kak ? ternyata mereka sangat antusias belajar bersama dengan kami. Mereka sangat senang ketika kami menilai hasil kerja mereka, karena mareka sudah mengikuti kegiatan belajar bersama dengan kami, tidak lupa kami memberikan snack kecil kecilan untuk mereka, dan membagikan kembali hasil kertas kerja mereka untuk dibawa pulang, agar bisa mereka simpan untuk belajar di rumah.

 

Tidak terasa keseruan kami mengajar sudah sampai menjelang magrib, sehingga kami harus pulang kerumah kami masing-masing, sebelum kami pulang kami berkumpul bersama untuk evaluasi, dan membersihkan aula tempat kami mengajar. Sebelum kami pulang tidak lupa kami berpamitan kepada pengurus RPTRA dan membuat janji untuk mengajar di pertemuan berikutnya.

Kelas : LA67
Nama Dosen: Dr. Adie Erar Yusuf, S.Pd., M.Arts.
Hari tanggal : Jum’at 17 Maret 2017
Jam: 15:00-18:00
Lokasi: Jl. Pangeran Tubagus Angke No.19, Tambora, Penjaringan, Kota Jakarta Barat, DKI Jakarta
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

Leave a Reply