You are here: Home > Uncategorized > Menjadi Volunteer Tenaga Pengajar di RPTRA Kalijodo (Pertemuan Kedua)

Menjadi Volunteer Tenaga Pengajar di RPTRA Kalijodo (Pertemuan Kedua)

NIM Nama Jabatan
2001589131 Kevin Ketua
2001588053 Jakobus Enga Leyn Anggota
2001598161 Suci Ramadhanty Anggota

Hari Jumat tanggal 10 Maret 2017 merupakan hari kedua kami mengunjungi RPTRA Kalijodo untuk membimbing anak-anak khususnya anak-anak sekolah dasar untuk belajar. Kami tiba di RPTRA Kalijodo pukul 15:00. Saat kami tiba suasana disana tidak terlalu ramai seperti minggu kemarin. Sambil menunggu anak-anak yang datang kami membersihkan aula terlebih dahulu agar saat membimbing anak-anak belajar terasa lebih nyaman dan bersih.

Setelah selesai membersihkan aula dan suasana RPTRA Kalijodo sudah lumayan ramai dipenuhi anak-anak kami mulai menghampiri anak-anak yang sedang bermain untuk menawarkan mereka belajar bahasa inggris bersama kami. Dengan senang hati mereka bersedia untuk belajar bersama kami.

    

Saat anak-anak sudah duduk diaula kami memperkenalkan diri kami masing-masing kepada mereka dan sebaliknya mereka memperkenalkan diri mereka masing-masing kepada kami. Rata-rata anak yang mengikuti belajar bersama adalah anak kelas 5 SD yang sedang mengikuti UTS (Ujian Tengah Semester) disekolahnya masing-masing. Lalu kami mulai membagikan worksheet dan mengajarkan kepada mereka proses metamorfosis pada hewan seperti kupu-kupu, katak dan nyamuk dalam bahasa inggris.

 

Sebagian dari mereka kurang mengerti bahasa inggris maka kami membantu mereka satu persatu untuk memberi tahu dan mengartikan arti dari proses metamorfosis hewan kupu-kupu pada soal bahasa inggris tersebut. Setelah semuanya selesai mengerjakan worksheet kami bersama-sama mengoreksi hasil worksheet mereka dan membantu mereka untuk memperbaiki jawaban yang belum benar agar menjadi benar. Setelah selesai mengoreksi worksheet kami membagikan cokelat kepada mereka karena telah berhasil mengerjakan worksheet dengan baik.

   

Sebelum usai kami mengajak anak-anak bermain games Pak Adi berkata cara bermainnya sangat sederhana yaitu ketika pembimbing menyebutkan “Pak Adi said, touch your nose” maka siswa harus menyentuh hidungnya, tetapi bila tidak menyebutkan said, maka tidak perlu menyentuh bagian tubuh yang disebutkan.

Tidak terasa keseruan kami mengajar sudah sampai menjelang magrib, sehingga kami harus pulang kerumah kami masing-masing, sebelum kami pulang kami berkumpul bersama untuk evaluasi, dan membersihkan aula tempat kami mengajar. Sebelum kami pulang tidak lupa kami berpamitan kepada pengurus RPTRA dan membuat janji untuk mengajar di pertemuan berikutnya.

Kelas : LA67
Nama Dosen: Dr. Adie Erar Yusuf, S.Pd., M.Arts.
Hari tanggal : Jum’at 10 Maret 2017
Jam: 15:00-18:00
Lokasi: Jl. Pangeran Tubagus Angke No.19, Tambora, Penjaringan, Kota Jakarta Barat, DKI Jakarta
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

Leave a Reply